Home » » Ciri-ciri Toko Online Fiktif

Ciri-ciri Toko Online Fiktif

Written By kurniawan on Saturday 1 June 2013 | 15:32

A Rayuan Maut Gadget Super Murah, buyer lemah Diincar!

Di ranah seluler, penipuan yang kian marak adalah memanfaatkan SMS pemenang undian palsu. Sementara itu di ranah internet, aksi tipu-tipu yang paling sering dilakukan di Indonesia adalah penipuan yang memanfaatkan toko online palsu.

Modusnya sederhana, memodusi korban dengan iming-iming gadget dengan harga super murah -- mulai dari BlackBerry, iPhone, iPad, kamera ataupun notebook. 

jika di akhir tahun 2012, penipuan yang paling sering adalah yang menggunakan tema barang elektronik murah Batam. Di tahun 2013, nama Batam masih digunakan walaupun tidak setinggi tahun lalu dan mulai ada online shop fiktif yang menggunakan nama lain contoh Pusat Selular Roxy Mas sebagai alamat toko fiktif tersebut.

Selain itu, banyak online shop yang berusaha meyakinkan korban dengan memberikan bukti palsu dan tidak cukup dengan memberikan rayuan harga murmer. Tampilan situs yang meyakinkan, testimoni palsu bahwa barang dikirimkan sampai lengkap dengan akun Facebook serta menampilkan dokumen perusahaan (TDP) yang sudah disetting secara digital.

Dan hebatnya lagi, menurut pantauan Vaksincom, aksi ini juga muncul di salah satu forum online terbesar di Indonesia, Kaskus. Sebenarnya komunitas agan-agan Kaskus dapat dikatakan cukup fasih di dunia internet. 

Komunitas Kaskus pula yang mengeluarkan mata uang Kaspay dan sistem wasit dimana pembeli tidak mengirimkan langsung uangnya kepada penjual dan sebaliknya. Penjual juga tidak langsung mengirimkan barang ke pembeli, tetapi pembeli mengirimkan uang ke rekber (rekening bersama) milik pihak ketiga (wasit) yang telah 'disertifikasi' dan terpercaya. 

Namun celakanya sistem ini juga diincar oleh penipu yang memanfaatkan celah anonimitas di internet dan berpura-pura menjadi pihak ketiga/wasit. 

Selain itu, ada satu link penipuan yang diletakkan di forum pada situs resmi tabloid selular yang menawarkan gadget dengan harga miring dan dapat dipastikan merupakan toko online abal-abal. 

Karena itu, Vaksincom menyarankan Anda untuk selalu berhati-hati. Bukan untuk menghindari transaksi online. Namun selalu mengutamakan akal sehat dan jangan mudah terkecoh oleh tawaran menggiurkan.

TDP Aspal & Testimoni Aba-abal

Pada umumnya, para penipu toko online fiktif ini akan mengandalkan beberapa trik yang pada dasarnya ingin menunjukkan kredibilitas mereka agar si calon korban tergiur menjadi korban. Adapun beberapa trik yang umum dilakukan adalah:

1. Mengandalkan harga murah yang menggiurkan untuk memancing minat calon korbannya.

2. Menggunakan nama situs yang bonafid dan mendompleng nama-nama toko yang ada di dunia nyata dan sudah terkenal seperti Batam, Batavia, Anugerah, LuckyPalza (plesetan dari Lucky Plaza, pusat perbelanjaan terkenal di Singapura)
Beberapa toko online fiktif bahkan mulai memberikan alamat palsu di Roxy Mas



3. Desain situs yang cukup menarik lengkap dengan foto-foto dan katalog produk yang lengkap dan detail. Memiliki Yahoo Messenger contact, Facebook page dan Twitter, biar kelihatan asli tapi nga aktif/jarang aktif


4. Adanya testimoni palsu seakan-akan banyak sekali pelanggan yang puas atas layanan dan kecepatan layanan. Tidak lupa pujian dan rekomendasi diberikan pada testimoni-testimoni palsu tersebut. 

Yang cukup menarik, testimoni palsu ini pada umumnya dihubungkan dengan akun Facebook dari pemberi testimoni yang unik.



5. Logo-logo Tiki JNE dan Kantor Pos yang lengkap dengan nomor telepon Tiki JNE dan Pos Indonesia disertai dengan logo-logo bank besar seperti BCA, BNI, Mandiri dan BRI.
Namun tidak pernah menampilkan nomor rekening dan nama pemilik rekening pada situs dan hanya melampirkan nomor telepon seluler yang perlu dihubungi untuk mendapatkan nomor rekening penipu



Bahkan ada beberapa situs yang berani menunjukkan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) yang jika diteliti sebenarnya TDP tersebut palsu karena telah diubah secara digital.

sedikit tips dari saya berhati-hatilah dalam berbelanja online,usahakan selalu COD atau menggunakan jasa rekber (pihak ketiga) jika lokasi tidak memungkinkan untuk COD. 


Demikian artikel : ciri-ciri toko online fiktif


Share this article :

8 komentar:

  1. hati2 dg ol shop
    galeribajumuslimah.com
    ol shop ny pnipu
    rekening BRI
    NO.REK. 019301069607533
    DHEA PUSPITA
    ini alamat lengkapnya
    Galeri Baju Muslimah
    JL.Jati Padang Utara No.12
    Kel.Jati Padang Kec.Pasar Minggu
    Jakarta Selatan
    12540
    Call Center 085775611088
    SMS Center 081210601929

    ReplyDelete
    Replies
    1. JUAL Obat Aborsi Di Jakarta MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
      Cytotec Asli Di Jakarta YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER Obat Penggugur Kandungan Di Jakarta
      YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
      Ciri Cytotec Asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.

      INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:
      Obat Aborsi Di Jakarta
      Obat Penggugur Kandungan Di Jakarta
      Penggugur Kandungan Di Jakarta
      Obat Penggugur Janin Di Jakarta
      Obat Peluntur Janin Di Jakarta
      Menggugurkan Kandungan Di Jakarta
      Cara Menggugurkan Kandungan Di Jakarta
      Klinik Aborsi Di Jakarta
      Obat Telat Bulan Di Jakarta
      Obat Terlambat Bulan Di Jakarta
      Obat Cytotec Asli Di Jakarta
      Cytotec Asli Di Jakarta
      Obat Cytotec Di Jakarta


      Obat Penggugur Kandungan
      Obat Cytotec Asli
      Cytotec Asli
      Obat Aborsi
      Obat Peluntur Janin
      Klinik Aborsi
      Obat Telat Bulan

      Delete
  2. casino online indonesia blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang baik

    ReplyDelete
  3. Intinya kita harus pintar2 dalam memilih toko online.. pilih toko online yang sudah terpercaya dan terkenal agar lebih aman dalam berbelanja..

    ReplyDelete
  4. Saat ini ada banyak sekali terjadi kasus penipuan yang berkaitan dengan toko online palsu.. jadi sebaiknya harus lebih berhati-hati dalam berbelanja online supaya tidak menjadi korban yang berikutnya

    ReplyDelete

 
Support : Sitemap | Blogger Muntok | Lapak Dollar
Copyright © 2013. 91 Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger